Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

Keutamaan sholat berjamaah

Abu Hurairoh ra. Berkata bahwa Rosulullah SAW bersabda, “Seseorang laki-laki yang melakukan sholat berjama’ah di masjid lebih baik dua puluh derajat dibanding sholat yang dilakukan di pasar atau di rumah. Sebab jika seseorang melakukan wudhu dengan baik, kemudian mendatangi masjid hanya untuk sholat, maka derajatnya akan ditinggikan satu tingkatan, dan keburukan akan diampuni setiap kali ia melangkahkan kakinya hingga ia masuk masjid. Bila ia telah masuk masjid, ia diberi pahala sebagaimana orang yang melakukan sholat (sekalipun ia hanya duduk), selama ia menanti sholat (berjama’ah). Para malaikat pun mendoakan seseorang, selama ia di tempat sholatnya (ia belum meninggalkan masjid). Para malaikat itu berdoa,”Ya Allah, berikanlah rahmat kepadanya. Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, terimalah tobatnya.” (Doa tersebut dibaca oleh para malaikat), selama ia tidak menyakiti (orang) dan tidak berhadats.” (Muttafaq ‘alaih)

Hadits Rosulullah diatas menjelaskan tentang banyaknya keutamaan sholat berjama’ah dimasjid. Yang pertama bahwa sholat berjama’ah bagi seorang muslim laki-laki, dimasjid, nilai kebaikannya lebih banyak dua puluh derajat (dalam riwayat yang lain disebutkan 25 atau 27 kali lipat) dibanding dengan sholat di rumah atau di pasar, bahkan seandainya sholat di rumah atau di pasar itu dilakukan juga dengan berjama’ah.

Yang kedua bahwa sholat berjamaah dimasjid akan meninggikan derajat seseorang di sisi Allah SWT, setiap kali ia mendatangi masjid untuk sholat berjamaah, Allah akan tinggikan derajatnya satu tingkatan. Sehingga semakin sering seseorang pergi untuk melakukan sholat jamaah di masjid, semakin tinggi pula derajatnya disisi Allah SWT, walaupun di tengah-tengah masyarakat ia seorang manusia biasa, tapi dalam pandangan Allah ia adalah manusia yang sangat mulia.

Yang ketiga adalah bahwa seseorang yang pergi untuk melakukan sholat berjamaah dimasjid, maka setiap langkahnya akan menghapus keburukan, setiap satu langkah, satu dosa akan diampuni. Semakin jauh jarak antara rumah dengan masjid maka akan semakin banyak pula dosa yang diampuni.

Yang keempat, bahwasanya diamnya orang yang duduk dimasjid dalam rangka menunggu sholat berjamaah diberi pahala kebaikan seperti orang yang mengerjakan sholat, semakin lama ia menunggu semakin banyak pula pahala yang didapat. Ini memotivasi kita untuk datang ke masjid seawal mungkin, segera setelah kita mendengar adzan berkumandang. Diamnya saja dihitung sebagiamana orang mengerjakan sholat, apalagi bila kita menunggu iqomah sambil mengerjakan sholat sunah atau dzikir, tentunya pahala yang kita dapat akan semakin melimpah.

Yang kelima, bahwa berwudhu dari rumah, ketika mau pergi ke masjid dalam rangka menunaikan sholat berjamaah adalah sebuah keutamaan, karena berwudhu dengan baik , sempurna niat dan rukunnya, menjadi syarat untuk mendapatkan keutamaan pada point kedua, ketiga dan keempat diatas.

Kemudian yang keenam, selama kita masih berada ditempat sholat kita, baik kita diam maupun berdzikir, para malaikat akan mendoakan kita, mendoakan agar Allah mencurahkan rahmat kepada kita, mendoakan supaya Allah mengampuni dosa-dosa kita, serta mendoakan agar Allah menerima tobat kita. Dengan syarat kita tidak sedang menyakiti hati orang lain dan kita masih mempunyai wudhu.

 

Tentang kyaibawor

Berusaha Lurus
Pos ini dipublikasikan di Seputar agama dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s